Kamis, 06 Januari 2011

Pendahuluan Mata


Mata merupakan organ yang berfungsi untuk melihat dunia luar. Bisa kita bayangkan jika mata kita rusak, dunia ini akan terasa gelap. Tidak akan terlihat apa - apa. Oleh sebab itu jagalah mata kita sebaik -baiknya... saya akan menulis sedikit mengenai mata. 




1. Kelopak Mata / Palpebra

Di dalam kelopak mata mengandung Kelenjar kecil, duktus, batang rambut, dan bulu mata. Pengedipan kelopak mata akan menyebarkan selapis air mata pelumas dan pelembab ke seluruh permukaan bola mata. Repleks berkedip akan melindungi mata dari debris atau partikel asing. Bulu mata membantu fungsi kelopak dengan mendorong ke luar debu dan debris, untuk melindungi mata eksternal dari cedera.

2. Sistem Lakrimal
Befungsi untuk menjaga lingkungan lembab untuk mata bagian eksternal anterior. Ada dua macam air mata yang biasanya diproduksi : Airmata pelumas, mengandung lemak, air, dan mukosa, Air Mata Aqueus dihasilkan sebagai respon emosi dan iritasi dan hanya mengandung air.

Kelenjar Lakrimal
Yang memproduksi air mata yang terletak di bagian anterior lateral atap orbita bagian atas.
Kelenjar Lakrimal Asesorius
menjaga mata bagian anterior tetap lembab. Terdiri dari kelenjar Seiz ( sebaseus ) dan Moll ( siliaris ) yang terletak pada batas kelopak mata. Kelenjar Meibom tambahan ( sebaseus ) terletak pada satu barisan sepanjang tarsus kelopak mata dan berperan dalam komponen minyak dalam air mata. 

 3. Otot Mata
 Gerakan Mata dikontrol Oleh enam otot ekstra okuler yang masuk ke sklera dan dipersarafi oleh SO III, IV, dan VI. Otot rektus lateralis melakukan abduksi dan otot rektus medialis melakukan adduksi mata. Otot rektus superior mengangkat dan melakukan adduksi dan otot rektus inferior melakukan depresi dan adduksi. Otot oblik superior mengarahkan mata ke lateral dan inferior, dan otot Oblik inferior mengarahkan ke superior dan ke lateral.

4. Suplai Darah 

 Suplai darah mata berasal dari cabang arteri karotis interna, cabang arteri oftalmik. Arteri retina sentralis dan Koriokapilaris lapisan koroid memberikan darah ke retina.

 Bola Mata

 1. Sklera
 Merpakan Lapisan Paling Luar dan Kuat. Merupakan Bagian putih dari mata. Permukaan sklera dilapisi oleh Konjungtiva. Konjungtiva merupakan membran mukosa tipis yang mengandung berbagai kelenjar yang bertanggung jawab untuk lapisan air mata.

2. Uvea
 dalam Uvea terdiri dari Koroid, Iris, Badan Siliaris. Koroid merupakan lapisan vaskular yang memberikan darah ke lapisan epitel berpigmen retina dan retina sensories perifer.

Iris
Merupakan struktur muskuler berpigmen yang memberikan warna khas mata. Iris adalah Bagian anterior traktus uvea dan membagi ruang Kornea dengan lensa


Proses Melihat
Cahaya yang dipantulkan oleh suatu Obyek masuk ke mata melalui Kornea yang merupakan selaput bening, kemudian cahaya yang masuk ke dalam mata diatur bayak sedikitnya oleh Pupil, kemudian masuk ke Lensa Mata. Lensa mata akan memfokuskan sinar agar tepat jatuh di Retina. Retina akan menangkap bayangan dan kemudian akan diteruskan ke Saraf mata yaitu Saraf Optikus ( Nervus II ) dan di otak bayangan akan di interpretasikan sehingga kita bisa melihat dan tahu benda apa itu.


Kelainan - Kelainan Pada Mata
2. Bleparitis
3. Kalazion
4. Keratitis
5. Astigmatisme
6. Uveitis
7. Glaukoma
8. Miopi
9. Hipermetropi
10. Presbiopi
11. Endoftalmus
12. Penolftalmus
13. Xeroftalmus

Demikian Dulu mengenai mata.. untuk lebih jelasnya tunggu info selanjutnya..
Jangan lupa isi komennya yaa.... Terima Kasih....

1 komentar: